Ground Floor Plaza Semanggi Dan Titik Terang Masa Depan

suka suka

Di salah satu genre (genre buku baru keknya), saya melihat buku stalin muda yang sering terpampang beberapa pekan ini. Stalin muda tampan juga, itu yang selalu hadir dibenak saya ketika melihat buku itu mejeng di Gramedia manapun.  *ahh, mata mulai segar. Setidaknya malam ini, di ground floor Plaza Semanggi, aku mencoba melupakan segala hal tentang pekerjaan.

Niat ke Gramedia sebenernya selain refresh juga pingin beli kertas lucu raksasa, Onepiece 63 dan 64 dan seonggok pulpen. Pulpen bisa beli di warung-warung juga sih, tapi mumpung sekalian ke Gramed kan. Dan sebelum hunting yang saya cari, saya mulai berkeliling menyusuri genre-genre buku dan sightseeing   dari genre yang dipajang di paling depan (new arrival), bisnis, manajemen, sdm, akuntansi, politik, budaya, perkebunan, pertanian, hingga komik dan novel. Setidaknya gramedia ini nggak sebesar gramedia matraman, jadi keliling semua genre masih feasible (nggak gemporlah). Yang paling berkesan paling, buku-buku tentang Jokowi yang mulai menjamur. Banyak sekali. Hebat.

Disebuah bagian antara manajemen dan politik, budaya sih kayaknya, saya berhenti dan mengambil satu buku dengan cover yang menurut saya menarik. Seperti lukisan. Seseorang mengenakan topi tampak belakang sedang duduk dari dalam kafe melihat ke jalan dan gedung-gedung yang akhirnya saya tahu adalah kota Jakarta. Apalagi dengan ketebalan yang tidak seberapa dan harga yang hanya 36 ribu.  Makin menarik.

Gayaku membeli buku bermacam-macam, terkadang memang seperti itu, cover atau bentuk buku kadang membuatku tertarik untuk setidaknya pertama membaca synopsis buku tersebut. Jika aku tertarik, aku beli..:D  ini sudah yang kesekian kalinya aku lakukan. Dan aku tidak pernah menyesal. Atau belum ya. Haha.

Hebatnya, meski dua serial terbaru onepiece sudah di tangan, tapi aku tidak terlalu tertarik membacanya. Setidaknya sekarang aku lebih ingin melahap buku dengan cover lucu itu. Dan aku langsung menamatkannya dalam 2,5 jam setelah kembali ke rumah.

Membaca buku karya HISANORI KATO, Kangen Indonesia (Indonesia di mata orang jepang) membuatku terharu. Di beberapa bagian ada yang sampai membuatku ingin menitikkan air mata. Kato san berhasil menyampaikan perasaannya padaku, setidaknya padaku. Dan aku jadi makin mencintai negeriku ini. Indonesia akan tetap terpatri dalam dada, aku akan menjaganya. Aku pastikan.

Dan dari buku ini juga, aku merasa menemukan sebuah titik terang. Sesuatu yang tengah aku cari saat ini.  Aku juga dalam pemastian, apakah ini hanya keinginan sementaraku saja, seperti keinginan aku menjadi detektif setelah membaca conan, ingin menjadi ketua KPK, polisi atau pemain drama, penyiar radio, wartawan. Setidaknya aku tidak merasakan alasan keren. Aku hanya mencoba mengilas balik bahwa aku memang menyukai belajar budaya orang lain. Aku senang traveling dan melihat suku-suku baru. Tapi sejauh ini, Kato sensei memberikan sedikit pencerahan untukku. Dari bukunya, aku mencoba melihat ke dalam diriku bahwa aku menyukai mempelajari budaya-budaya baru. Aku senang mendengar orang bercakap dalam bahasa mereka masing-masing. Apakah itu benar-benar minatku? Sejauh ini aku hanya suka dan tidak mengeksploitasi lebih jauh.

Entahlah, tapi yang terlintas saat ini, aku ingin menjadi mahasiswa bimbingan Kato sensei setelah tahu bahwa di adalah professor di sebuah universitas di OSAKA. Aku tidak tahu ini berhubungan atau tidak, karena selama ini aku tidak terlalu percaya pada firasat. Aku hanya percaya pada rekaya takdir Tuhan. Keinginanku ke Jepang adalah ke Osaka. Firstly, tidak untuk melanjtukan sekolah. Tapi jika rekayasa takdirku adalah untuk itu, maka aku siap menjemputnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s