Pesantren Kilat

suka suka

Tiga tahun berada dalam hiruk pikuk ibukota berkontribusi menurunkan kadar iman dalam dadaku. (Nyalahin ibukota). Tahun pertama kembali ke jakarta 2013 silam, aku banyak menginvestasikan pengeluaran untuk lift up nasionalisme di dalam hidupku dengan cara mengexplor indonesia timur (gamau banget bilang jalan-jalan, wkk) seperti ke Toraja, Ujung Pandang, Bira, Buru, Ambon, Ternate, Tidore & Sofifi. Tahun kedua, 2014, kugunakan tabunganku untuk filled up kebutuhan rohani mengunjungi tanah para nabi. Tahun ketiga, aku gunakan untuk berinvestasi dalam dunia pendidikan, baik untuk persiapan sekolahku ke big apple (aamiin), ataupun untuk pendidikan orang lain (membangun beasiswa indonesia berpendidikan tinggi).

Di awal (masih awal lah ya) tahun ke-4 ini, 2016, aku ingin menyeimbangkan tabung hidupku lagi, nasionalisme-islamisme-kapitalisme harus seimbang (beuh, berat). Kadar yang berkurang yang aku rasakan adalah tabung rohani, ia melemah. Ketika tahu akan diadakan pesantren kilat al-quran apalagi di adakan di lembang, euw, aku super excited se excited excitednya. Alhamdulillah ada temen-temen yang juga mau ikut. Extremely happy.

Summary (I hope i can said so) Empat Materi

1. Materi pertama Q.S Al A’raf 80-84

Materi pertama tentang lgbt. Fundamentalist meyakini bahwa aktivitas sex lgbt secara jelas di peringatkan oleh Tuhan sebagai tindakan yang tidak boleh dilakukan. Nasehat ini disampaikan Alloh melalui Q.S Al A’raf 80-84 dalam kisah nabi Luth. Cekidot,

“(80) Dan (Kami juga Telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia Berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?”(81)Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, kamu Ini adalah kaum yang melampaui batas. (82). Jawab kaumnya tidak lain Hanya mengatakan: “Usirlah mereka (Luth dan pengikut-pengikutnya) dari kotamu ini; Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berpura-pura mensucikan diri.” (83). Kemudian kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isterinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan). (84). Dan kami turunkan kepada mereka hujan (batu); Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu.”

Namun, salah satu pembicara menekankan bahwa sikap terhadap lgbt inilah yang perlu di sadari untuk dilakukan secara manusiawi. Dalam arti, lakukan project yang mengenyampingkan pembahasan lgbt, seperti hapy family project yang mendukung keutuhan sebuah rumah tangga yang terdiri dari ayah laki laki, ibu perempuan dan anak. Atau agenda lain yang mengalihkan fokus mencecer lgbt itu sendiri. Create another big stage that show more interesting things. This new big stage will evaporate lgbt gradually. Tidak dicatat suatu dosa sampai ia dilakukan. Sementara niat baik sudah dicatat meski baru di hati. Tuhan berbaik hati, karenanya, keinginan untuk melakukan homo sexual belum dikatakan berdosa sampai ia dilakukan. Oleh karena itu, faktor internalnya adalah menahan dan mengelola hasrat untuk mencoba atau melakukan hal tersebut. Sedangkan pembicara kedua dalam topik pertama ini menekankan pentingnya ilmu agama dan pendidikan seks dalam keluarga.  Ilmu umum no.1 atau ilmu agama no.1?

2. Materi kedua  Q.S Al isra 1-7. 

“(1). Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidilaksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (2). Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israel (dengan firman): “Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku. (3). (yaitu) anak cucu dari orang-orang yang Kami bawa bersama-sama Nuh. Sesungguhnya dia adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur. (4). Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israel dalam kitab itu: “Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.” (5). Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana. (6). Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar. (7). Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.”

ayat 1. perjalanan rosul (al haram->al aqsa)

ayat 2. perjalanan musa dan bani israil (mesir -> palestina)

ayat 3. perjalanan nabi Nuh (irak -> turki). Nabi nuh adalah nabi yang paling banyak bersyukur. Dari ratusan tahun berdakwah, pengikutnya tidak banyak. Motonya nampaknya hasil akhir adalah urusan Alloh, sing penting berusaha dulu rek. Sekip kenapa pembicara tetiba ngomongin Umar Mochtar: guru ngaji di Libya yang ditakuti tentara penjajah itali. moto Umar Mochtar adalah,

Kami bukan mencari kehidupan tapi mencari kemuliaan.

Ngomongin mochtar jadi inget Mochtar Riyadi, lagi baca buku doi, si banker top markotop pensukses BCA. Back to topic.

tetaplah berada di orbit keberkahan

ayat 4. dua kerusakan yang dilakukan bani israel itu di madinah dan palestina

ayat5. sekip.

ayat6. Kaum yahudi menang sekali lagi dengan harta dan pemuda-pemuda yang militant. Yuk belajar pintar ilmu dunia kaya yahudi. Meski mereka tertulis dalam kitab mendapat bantuan Tuhan menjadi golongan yang mumpuni, sebagai manusia yang arif, kita harus bisa meniru gaya hidup yang baik dari mereka. (self opinion)

ayat7. sekip

Menurut tafsir, yahudi hanyak akan bertahan selama 76 tahun. Yaamfun, kaum yahudi ini emang outstanding banget, ampe di bahas di kitab suci. Lah kaum pribumi ini ada dimana. #remah remah

3. Materi ketiga by Ustad yang habis belajar dari Jordan (Pemilik Pondok Quran)

Mata kita akan sehat karena tiga hal menurut Imam Syafi’i: 1.melihat musaf dan membacanya. 2. melihat ka’bah secara langsung. 3)Melihat yang hijau hijau.

Kunci menghafal Al Quran: BERIMAN & YAKIN, kak!

Q.S Al Baqarah 121.

Orang yang kami beri kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Dan barang siapa ingkar kepadanya, mereka itulah orang-orang yang rugi”

Definis Alquran: Perkataan Alloh, Mukjizat, Tidak bisa dibantah (otentik)/mutawattir, dan membacanya adalah ibadah.

Amal yang dicintai Alloh adalah yang dawam (konsisten) walau sedikit, kak!

Q.S Al Ahkaf.

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata, Tuhan kami adalah Alloh, kemudian mereka tetap istiqamah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak pula bersedih hati”

4. Materi keempat, Metode belajar Alquran

Q.S Al Qamar 22.

Dan sungguh, telah kami mudahkan Al Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran”

Al Quran seharusnya: DIBACA. DIHAFAL. DITADABURI.DIAMALKAN.

ane masih ditahap pertama gan, dibaca. dihafal masih tertatih tatih. Doakan ya biar bisa move my step to next stage. Euw.

 

Yang bikin pesantren kilat ini berkesan banget juga adalah lokasinya, di sebuah lembah di Lembang milik Nurul Fikri Boarding School. Sedap bangeet. I felt like i was tasting part of heaven!

P_20160305_135337

View dari pendopo dibawah lembah plus bunyi gemericik air sungai 

P_20160305_161108_LL

Setelah Makan Sore bersama Bu Rodiah yang semangat berilmunya tinggi. Keren buk!

P_20160305_175028_BF

Kembali ke penginapan karena hujan berjatuhan

P_20160306_103408_BF

Setelah Materi-4 dan siap siap kembali beraktifitas seperti biasanya

Alhamdulillah semuanya lancar. Ketemu dedek dedek angkatan 2013-2015. Such a cute younger sister yang menginspirasi. Suara Panitia Siti yang kece badai saat mengimami solat tahajut. Terenyuh. Kau hebat dik! Thanks so much for panitia M2Q 2016. :3

Semoga semangat menjaga asupan rohani ini everlasting and berkah, amiin!

 

2 thoughts on “Pesantren Kilat

  1. Hai, mbak Santi.. Salam kenal, aku Risma.
    Barusan baca tulisan tentang belajar nyetir & pesantren kilat. Boleh tau info pesantrennya dapet darimana & jadwal selanjutnya kapan?
    Trus aku ada rencana mau kursus nyetir juga, mungkin tau info kursus nyetirnya ada cabang di sekitar kebayoran baru ga ya?
    Makasiih.

    Anw, kita serupa, pengen bisa nyetir saat masih mikir beli mobil & ga pengen ngebebanin traffic jakarta 😀

    1. Halo Risma! Salam kenal~ 🙂
      Info pesantrennya aku dpet dri grup wasap gitu. Coba follow fesbuknya Mata ITB. katanya sih acara pesantren alqurannya tiap tahun sekali. Nama acara beneranny, mukhoyyam alquran btw.

      Di kebayoran baru yaa…hmmm….belom pernah denger sik, Ris. Iyaa kaan…ahahaa, kasian emang traffic d jakarta.

      Ohiya aku ada kabar acara camp alquran serupa di masjid UI depok, mgkn bisa digugling. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s